Sabtu, 13 April 2013

Laten Sosial Problem (ISBD)

Pengertian Laten Sosial Problem:

Laten Social problem adalah suatu kesenjangan dalam hubungan antar manusia menyangkut hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat, dimana masyarakatnya itu sendiri tidak menyadari akan adanya kesenjangan atau tata kelakuan menyimpang yang terjadi dalam lingkungannya.
Penyebab Laten Sosial Problem :
Laten social problem ini terjadi dikarenakan adanya pembiaran dari masyarakat terhadap hal-hal yang bertentangan dengan nilai maaupun norma yang ada.
 
Cara Mengatasi Laten Sosial Problem :
hal ini memerlukan kesabaran untuk memecahkan permasalahan ini dengan berbagai tahapa, karena jika langsung mengkritik dan mendobrak terhadap masalah tersebut, masyarakat sekitarpun tidak akan terim,, tahapan berikut menurut saya yang harus dilakukan adalah :
1. tahap pendekatan masalah
2. tahap pengenalan pengenalan masalah
3. tahap penyuluhan
4. pemberian solusi misalkan dngan membuat peraturan dan perundangan.
Contoh Laten Sosial Problem : 
  •   Kenakalan Remaja dalam Pergaulan Bebas
Dalam kehidupan para remaja sering kali diselingi hal hal yang negative dalam rangka penyesuaian dengan lingkungan sekitar baik lingkungan dengan teman temannya di sekolah maupun lingkungan pada saat dia di rumah. Hal hal tersebut dapat berbentuk positif hingga negative yang sering kita sebut dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja itu sendiri merupakan perbuatan pelanggaran norma-norma baik norma hukum maupun norma sosial.
Kenakalan Remaja dalam Pergaulan Bebas di sebut Laten social Problem karena Perbuatan tersebut dapat meresahkan warga sekitarnya dan dapat pula merugikan dirinya sendiri maupun orang banyak.
Faktor Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja
  • Anak-anak yang tidak disukai oleh teman-temannya sehingga anak tersebut menyendiri. Anak yang demikian akan dapat menyebabkan kegoncangan emosi.
  • Anak-anak yang sering menghindarkan diri dari tanggung jawab di rumah atau di sekolah. Menghindarkan diri dari tanggung jawab biasanya karena anak tidak menyukai pekerjaan yang ditugaskan pada mereka sehingga mereka menjauhkan diri dari padanya dan mencari kesibukan-kesibukan lain yang tidak terbimbing.
Solusi :
Kenakalan remaja merupakan sesuatu yang di anggap sudah biasa dalam kehidupan bermasyarakat sekarang ini, namun di balik suatu kenakalan remaja itu jika dibiarkan akan menjadi sesuatu hal yang menakutkan karena seharusnya generasi muda harus di jadikan sebagai suatu pondasi yang kokoh dalam pembentukan suatu regenerasi dalam sebuah tatanan kemasyarakatan ataupun kenegaraan. Solusinya kita harus bisa memfilter segala informasi yang diterima dari luar sehingga masih tetap bisa sesuai dengan nilai, norma, serta agama yang kita anut. Disini Peran orang tua yang bertanggung jawab terhadap keselamatan para remaja tentunya tidak membiarkan anaknya terlena dengan fasilitas-fasilitas yang dapat menenggelamkan si anak remaja kedalam kenakalan remaja, kontrol yang baik dengan selalu memberikan pendidikan moral dan agama yang baik diharapkan akan dapat membimbing si anak remaja ke jalan yang benar, bagaimana orang tua dapat mendidik anaknya menjadi remaja yang sholeh sedangkan orang tuanya jarang menjalankan sesuatu yang mencerminkan kesholehan, ke masjid misalnya. Jadi jangan heran apabila terjadi kenakalan remaja, karena sang remaja mencontoh pola kenakalan para orang tua. Selain peran orang tua yang dominan disini juga harus melihat peran dari luar seperti faktor lingkungan tempat dia bergaul sehari-harinya perlu di awasi dengan jalan memberi penerangan serta penyuluhan tentang bahayanya dari pergaulan bebas yang di lakukan oleh para remaja yang merupakan ciri dari suatu kenakalan remaja.

Sumber : http://riyadhidayat.blogspot.com/2013/03/laten-sosial-problem.html#ixzz2P93eLfN1

Sumber : http://virusantigalau.blogspot.com/2013/04/laten-sosial-problem-isbd.html#ixzz2QOujRFMN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar