Kamis, 18 Oktober 2012

Cara Mudah Merawat Cat Sepeda Motor


Pertama yang perlu diingat, jangan mencuci dengan deterjen atau sabun colek. Keduanya mengandung zat kimia yang tinggi dan dapat merusak cat pada motor serta dapat membuat cat menjadi pudar. Gunakanlah sabun atau shampo khusus yang sudah tersedia di banyak tempat.

Setelah dicuci bersih, pastikan harus kering dengan sempurna. Juga pastikan tidak ada lagi air di bodi motor Anda. Pasalnya, jika masih ada air bisa membuat noda atau jamur, terlebih jika airnya ada pada bagian besi, air dapat menimbulkan karat pada motor.

Jangan terlalu sering menggunakan cairan pengkilap motor. Bila terlalu sering, cat motor akan terkikis dan warna menjadi pudar.

Hindari motor dari panas sinar matahari, terutama saat sedang parkir selalu usahakan memarkir di tempat yang sejuk. Jika tetap terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya menggunakan penutup motor atau sarung motor yang sudah banyak dijual.

"Sebenarnya merawat cat pada motor terutama untuk motor sport tidak susah. Kuncinya adalah terampil dan peduli terhadap motor anda. Jika motor kotor atau kena air hujan, cepat cuci dan keringkan dengan benar," tandas Angga kepada Okezone.

Tips and trik merawat mesin sepeda motor
Setiap pengguna sepeda motor pasti berharap bisa
mengendarainya untuk jangka panjang. Untuk itu pemilik
sepeda motor harus memperhatikan perawatan mesin
karena kondisi mesin sepeda motor tergantung dari
pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam
mengendarai. So tak ada salahnya Anda cermati tips dan
trik tentang merawat mesin sepeda motor berikut:

- Tanda-tanda kerusakan
Pada umumnya setiap kerusakan pasti akan terdapat
tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi
hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untuk
mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala
yang tidak normal/tidak seperti biasanya pada sepeda
motor Anda. Sikap demikian akan membantu dan
memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.

- Cermati kerusakan
Apabila terjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak
boleh ditunda lebih lama dengan kata lain harus segera
diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidak punya cukup
keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan
memperbaikinya seorang diri. Karena disamping buang
waktu dan tenaga maka kerusakan bisa jadi akan tambah
parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.

- Kerusakan beruntun
Apabila sepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan
yang berturut-turut dan lebih dari satu sebab maka
cara yang paling tepat adalah periksalah bagian-bagian
yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu baru
kemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya
ke bengkel dengan keterangan yang lengkap jadi akan
memudahkan mekanik nya untuk memperbaikinya.

- Kerusakan kecil
Apabila terjadi kerusakan kecil di jalan seperti
kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel, kebocoran
bensin/oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin
yang ruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri.
Akan tetapi jika kerusakan yang terjadi mengakibatkan
patahnya komponen utama dan memerlukan pembongkaran
mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.

Nah, tak sulit bukan jika Anda mulai mencoba
bersahabat dengan kendaraan sendiri, semakin rajin
merawat, tentu semakin sedikit biaya yang bakal anda kelurkan


Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan


Merawat sepeda motor sebenarnya gampang-gampang susah, dibilang susah ya gampang tapi dibilang gampang diperlukan ketekunan agar mendapat hasil yang diharapkan.
pada musim-musim hujan seperti sekarang ini anda harus melakukan kerja ekstra untuk merawat sepeda motor anda agar selalu dalam keadaan yang prima, kalau tidak hal ini tidak hanya berdampak pada kendaraan saja, namun si pengendara juga dapat terkena imbasnya.
nah untuk itu, kali ini ada beberapa tips untuk merawat sepeda motor saat musim hujan.

1. Mencuci Motor

Setelah motor digunakan berkendara di tengah guyuran hujan, sebaiknya Anda mencucinya. Meski tak punya banyak waktu, sebaiknya Anda sempatkan untuk mencucinya Meskipun hanya mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya.
selain motor tetap terlihat bary dan mengkilap hal ini juga dapat menghindari motor anda terkena karat.

2. Rantai Motor

Bagian lain dari motor yang rawan bermasalah setelah dikendarai di tengah guyuran hujan adalah rantai. Terlebih motor yang tidak menggunakan tutup rantai. Air hujan yang bersifat asam memicu terjadinya karat pada peranti itu.

Pada sisi lain, setelah melibas lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga kendur. Oleh karena itu, kencangkan setelan rantai sesuai dengan standar.
disarankan juga untuk melumasi rantai motor anda dengan pelumas rantai tentunya.

3. Kanvas rem dan piston cakram rem

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes. Bahan tersebut bila banyak terkena air akan menggelembung dan mengeras pada saat kering.

Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya. “Oleh karena itu, setelah motor dicuci dan dibersihkan, jalankan motor dan sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas benar-benar kering,” kata Alex.

Begitu pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat terbuka. Padahal saat dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun piston.
4. Ban
Setelah selesai menerobos genangan air hujan, sebaiknya Anda memeriksa tekanan air ban. Pastikan besaran tekanan itu sesuai dengan standar pabrikan.

Ban yang tekanan anginnya kurang dari standar, sangat rentan cepat aus. Pasalnya, dengan tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak.

Selain menjaga tekanan angin, sebaiknya juga mencuci ban. Sikat bagian telapak dan dinding samping ban. Hal ini selain untuk menghilangkan unsur asam yang ada di air hujan, juga unsur lain seperti lumpur atau kotoran yang menempel di ban.

Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yang sebelumnya tumpah di jalan bisa terbawa atau berada di genangan air hujan. Unsur-unsur yang ada di zat itu memicu karet ban cepat getas.

5. Knalpot

Pada umumnya, bagian dalam knalpot dan leher knalpot akan keropos bila banyak kotoran menempel di bagian itu. Terlebih bila kotoran tersebut bercampur dengan air hujan.

Oleh sebab itu, bila motor telah melibas genangan air hujan atau banjir dan air hujan masuk knalpot, sebaiknya air dikeluarkan. Setelah motor dicuci bersih, panasi mesin. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olisi bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian panasi lagi mesin motor sekitar 5 menit.

6. Busi

Setelah motor selesai digunakan, sebaiknya Anda mencabut cop atau karet penutup busi kemudian tiup dan lap dengan air bersih. Begitu pula dengan kabel busi serta businya.

7. Kotak saringan udara

Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. Bila peranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalamnya, maka udara akan bercampur embun.

8. Rem Depan / Belakang

Seringkali rem akan bunyi apabila basah terkena air, amplas kanvas rem dan tromol agar rem lebih pakem dan menghindari bunyi.

9. Kabel Body

Hindari kabel body dan socketnya dari air karena bisa mengakibatkan konslet sehingga bisa merusak komponen kelistrikan.

Mudah - mudahan hal di atas bisa diperhatikan, sehingga umur sepeda motor anda bisa lebih lama.

10. ari-jari roda

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. Bila tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.

tips aman parkir



Tips Memarkir Motor Cara Aman

Mengamankan motor dari tangan jahil saat diparkir memang penting, apalagi jika mengamankan motor dari kelompok pencuri sepeda motor profesional. Karena kunci stang saja tidak cukup. Apalagi bila motor tersebut tidak dilengkapi oleh immobilizer dan asuransi.



  • Meski praktis, memarkir motor di halaman depan rumah kadang bukan ide yang baik. Soalnya keberadaan motor yang diparkir di halaman depan sering menjadi incaran. Ingat pencuri sering kali mengamati kebiasaan pemilik motor dalam memarkir kendaraanya.
  • Ketika masuk kehalaman rumah, pastikan menguci stang dan mengunci pagar depan. Seandainya ingin keluar dan menggunakan motor itu lagi, kan tinggal membuka kunci stang dan kunci pager.
  • Jika memang berencana menggunakan motor untuk waktu yang cukup lama, mengasuransikan motor kepada perusahaan asuransi yang kompeten adalah langkah paling effektif.
  • Jika memang memastikan tidak untuk menggunakan motor sampai keesokan harinya, tidak ada salahnya memasukan motor kedalam garasi atau ruang tamu.
  • masukan motor dalam posisi kepala kedalam, dan pastikan tetap mengunci stang, dan memasang kunci pengaman tambahan seperti gembok pada disc brake. Konon kunci ban standar mudah dibuka.
  • Jika ingin meninggalkan motor dirumah untuk jangka waktu cukup lama, pasang standar tengah, lepas aki, kunci stang dan gembok discbrake. dan parkir motor agak kedalam rumah, terutama bila rumah dalam kondisi kosong.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar